Salam oprex dan salam satu asphal, kali ini kita akan ngomongin masalah spul dan kiprok pada motor Honda CB150R old dan CB150R old. Kedua motor ini termasuk beti (beda tipis) jadi bisa saling tukar jika spul kedua motor tersebut susah dicari dibengkel – bengkel, perlu diketahui sistem pengisian pada kedua motor ini menggunakan Full DC 3 phase (3 gelombang). Hal ini bisa terlihat dari 3 kabel spul yang berwarna kuning sebagai supplay arus listrik yang langsung menuju ke kiprok dan kemudian diteruskan ke aki / accu. Tapi sebelum kita ngomong lebih jauh lagi, gua mau mengingatkan para bro semua untuk tonton video dibawah ini dan jangan lupa subcribe terlebih dahulu. Ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini supaya bisa berkembang dan menjadi lebih baik lagi.
Spul Honda CB150R old dan CBR150R yang terbakar akan mengakibatkan pada supplay arus listrik ke accu / aki bermasalah, maksudnya disini adalah sistem pengisian pada motor tersebut. Perlu diketahui sistem pengisian motor Honda CB150R old dan CBR150R Old menganut sistem full DC 3 phase / gelombang, hal ini membuat supplay arus listrik yang stabil masuk kedalam aki / accu. Karena kebutuhan arus listrik pada kedua motor ini sangat besar, contohnya saja Honda CB150R Old memakai lampu utama jenis H4 55 watt 12 volt lampu ini dipakai pada Toyota Avanza. Jika dibandingkan dengan Yamaha New Vixion Lightening, Honda Verza 150 yang hanya memakai lampu utama H4 35 watt 12 volt maka Honda CB150R old lebih besar jumlah arus listrik yang harus keluarkan. Lain Halnya dengan Honda CBR150R old yang memakai 2 lampu utama dengan masing – masing lampu 35 watt 12 volt, jadi totalnya 70 watt 12 volt dan ini belum lampu - lampu lainnya, klakson, sistem pengapian, sistem injeksi, starter elektrik.
Setelah tahu berapa jumlah arus listrik yang harus dibagi – bagi tersebut maka kita cari tahu komponen sistem pengiasiannya, komponen sistem pengisian kedua motor tersebut hampir sama dengan motor – motor pada umunya yaitu, spul pengisian, kiprok, aki tambahannya yaitu rellay pengisian dan capasitor sebagai penyimpan arus listrik sementara jika accu / aki sudah penuh terisi arus listrik. Tapi karena pada artikel ini kita fokus ngomongin spul motor Honda CB150R Old dan CB150R Old yang lain kita kesampingkan dulu dan akan kita bahas pada lain waktu.
Pilih gulung spul apa ganti spul jika spul Honda CB150R dan CBR150R old terbakar ? Nah ini pertanyaan yang sering kali menghampiri bagi para pemakai Honda CB150R old dan CBR150R old yang spulnya terbakar. Asal tahu saja spul yang terbakar akan membuat aki / accu cepet ngedrop dan tekor, jika hanya mengganti aki saja maka usia aki baru tidak akan bertahan lama. Paling - paling hanya bertahan sampai 3 hari – 1 bulan bisa digunakan untuk elektrik starter, setelah itu accu mulai ngedrop dan lama – kelamaan motor akan brebet hingga mati total karena tidak ada sumber arus untuk sistem pengapian.
Sering kali para pemakai Honda CB150R dan CBR150R old jika mengalami aki tekor / ngedrop hanya mengganti akinya saja tanpa melakukan cek arus pengisian ke accu / aki, akibatnya jika ada kerusakan pada kiprok ataupun spul tidak terdeteksi. Dan aki akan sering ganti sampai 5 kali jika tidak memperbaiki spul ataupun kiprok yang rusak, kalau tidak percaya silahkan coba sendiri.. he… he… Asal tahu saja aki Honda CB150R dan CBR150R dibandrol dengan harga Rp 300.000, jika ganti aki sampai 5 kali maka totalnya Rp 1.500.000, dan itu duit semua bro… he...
Kalau sampai motor Honda CB150R old dan CBR150R old mengalami kendala seperti diatas yaitu aki sering ngedrop, maka kemungkinan masalahnya terletak pada spul yang terbakar atau soketan spul dengan kabel body yang meleleh. Maka solusinya jika hanya soketan spul yang meleleh adalah dengan mengganti soketannya saja atau langsung menyambung soketan tersebut, tapi jika spulnya terbakar maka solusinya dengan mengganti baru spul tersebut. Nah bagaimana kalau spul tersebut kita lilit ?? jawabnya tetep bisa tapi asal tahu saja bro, pada spul Honda CB150R old dan CBR150R old semua lilitan tembaganya adalah spul pengisian dan saling menyambung satu sama lainnya. Berbeda dengan motor lainnya yang masih DC 1 phase dan 2 phase yang jumlah lilitannya lebih sedikit jadi bisa dilit secara manual oleh tukang spul dinamo.
Nah biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini sampai selesai, tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro…
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki salam oprex dan salam satu asphal selalu.
Sistem Pengisian Honda CB150R Old dan CBR150R Old
Spul Honda CB150R old dan CBR150R yang terbakar akan mengakibatkan pada supplay arus listrik ke accu / aki bermasalah, maksudnya disini adalah sistem pengisian pada motor tersebut. Perlu diketahui sistem pengisian motor Honda CB150R old dan CBR150R Old menganut sistem full DC 3 phase / gelombang, hal ini membuat supplay arus listrik yang stabil masuk kedalam aki / accu. Karena kebutuhan arus listrik pada kedua motor ini sangat besar, contohnya saja Honda CB150R Old memakai lampu utama jenis H4 55 watt 12 volt lampu ini dipakai pada Toyota Avanza. Jika dibandingkan dengan Yamaha New Vixion Lightening, Honda Verza 150 yang hanya memakai lampu utama H4 35 watt 12 volt maka Honda CB150R old lebih besar jumlah arus listrik yang harus keluarkan. Lain Halnya dengan Honda CBR150R old yang memakai 2 lampu utama dengan masing – masing lampu 35 watt 12 volt, jadi totalnya 70 watt 12 volt dan ini belum lampu - lampu lainnya, klakson, sistem pengapian, sistem injeksi, starter elektrik.
Setelah tahu berapa jumlah arus listrik yang harus dibagi – bagi tersebut maka kita cari tahu komponen sistem pengiasiannya, komponen sistem pengisian kedua motor tersebut hampir sama dengan motor – motor pada umunya yaitu, spul pengisian, kiprok, aki tambahannya yaitu rellay pengisian dan capasitor sebagai penyimpan arus listrik sementara jika accu / aki sudah penuh terisi arus listrik. Tapi karena pada artikel ini kita fokus ngomongin spul motor Honda CB150R Old dan CB150R Old yang lain kita kesampingkan dulu dan akan kita bahas pada lain waktu.
Gulung Spul atau Ganti Spul Honda CB150R Old dan CBR150R Old yang Terbakar
Pilih gulung spul apa ganti spul jika spul Honda CB150R dan CBR150R old terbakar ? Nah ini pertanyaan yang sering kali menghampiri bagi para pemakai Honda CB150R old dan CBR150R old yang spulnya terbakar. Asal tahu saja spul yang terbakar akan membuat aki / accu cepet ngedrop dan tekor, jika hanya mengganti aki saja maka usia aki baru tidak akan bertahan lama. Paling - paling hanya bertahan sampai 3 hari – 1 bulan bisa digunakan untuk elektrik starter, setelah itu accu mulai ngedrop dan lama – kelamaan motor akan brebet hingga mati total karena tidak ada sumber arus untuk sistem pengapian.
Sering kali para pemakai Honda CB150R dan CBR150R old jika mengalami aki tekor / ngedrop hanya mengganti akinya saja tanpa melakukan cek arus pengisian ke accu / aki, akibatnya jika ada kerusakan pada kiprok ataupun spul tidak terdeteksi. Dan aki akan sering ganti sampai 5 kali jika tidak memperbaiki spul ataupun kiprok yang rusak, kalau tidak percaya silahkan coba sendiri.. he… he… Asal tahu saja aki Honda CB150R dan CBR150R dibandrol dengan harga Rp 300.000, jika ganti aki sampai 5 kali maka totalnya Rp 1.500.000, dan itu duit semua bro… he...
Kalau sampai motor Honda CB150R old dan CBR150R old mengalami kendala seperti diatas yaitu aki sering ngedrop, maka kemungkinan masalahnya terletak pada spul yang terbakar atau soketan spul dengan kabel body yang meleleh. Maka solusinya jika hanya soketan spul yang meleleh adalah dengan mengganti soketannya saja atau langsung menyambung soketan tersebut, tapi jika spulnya terbakar maka solusinya dengan mengganti baru spul tersebut. Nah bagaimana kalau spul tersebut kita lilit ?? jawabnya tetep bisa tapi asal tahu saja bro, pada spul Honda CB150R old dan CBR150R old semua lilitan tembaganya adalah spul pengisian dan saling menyambung satu sama lainnya. Berbeda dengan motor lainnya yang masih DC 1 phase dan 2 phase yang jumlah lilitannya lebih sedikit jadi bisa dilit secara manual oleh tukang spul dinamo.
Harga Spul CB150R
Harga spul Honda CB150R old sekitar Rp 500.000, dengan kode part 31120-K15-902 sedangkan untuk Spul Honda CBR150R old dibandrol Rp 500.000, dengan kode part 31120-K45-N01. Yang membedakan dari kedua spul ini terletak pada soketan spul, tapi masih bisa saling substitusi satu sama lain.Jalur Kabel Spul Honda CB150R Old dan CBR150R Old
Karena kedua motor ini mempunyai basic yang hampir sama jadi untuk fungsi dan warna kabel spul kedua motor ini hampir sama. Untuk soketan spul Honda CB150R old dan CBR150R old berbentuk 6 lubang dengan 5 sekun kabel, dimana ada lubang soketan yang kosong dan tidak terdapat sekun. Untuk warna kabel spul Honda CB150R old dan CBR150R old mempunyai 3 warna yaitu 3 warna kuning, hijau dan putih / biru. Dimana kabel warna kuning berfungsi sebagai spul pengisian dan langsung menuju ke bagian kiprok, kemudian kabel hijau dan putih / biru berasal dari pulser.Nah biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini sampai selesai, tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro…
Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki salam oprex dan salam satu asphal selalu.
Mas boleh sy minta no hp/wa ny? Sy mau konsultasi soal cb150r old🙏🏻
BalasHapusSaya ini ganti soket yang meleleh ke kiprok , klo misal kabel 3 warna kuning kebalik posisinya yang tengah jadi di pinggir atau sebaliknya , apa kah jadi masalah mas ?
BalasHapusMisalnya soket yang warna kuning menuju kiprok misalnya kewalik pengaruh endak
BalasHapusMisalnya klu soket yang warna kuning menuju kiprok itu kewalik itu pengaruh endak
BalasHapusTanya om, spull CB 150 old/CBR 150 old apakah bisa masuk di Honda SONIC 150 atau Supra GTR 150..? Mohon pencerahannya om 🙏🙏🙏
BalasHapus