Ganti Aki 3 Kali dan Spul Terbakar ? Ini Substitusi Spul Honda CB150R Old Serta CBR150R Old

Salam oprex dan salam satu asphal, kali ini kita akan ngomongin masalah spul dan kiprok pada motor Honda CB150R old dan CB150R old. Kedua motor ini termasuk  beti (beda tipis) jadi bisa saling tukar jika spul kedua motor  tersebut susah dicari dibengkel – bengkel, perlu diketahui sistem  pengisian pada kedua motor ini menggunakan Full DC 3 phase (3 gelombang). Hal ini bisa terlihat dari 3 kabel spul yang berwarna kuning sebagai supplay arus listrik yang langsung menuju ke kiprok dan kemudian diteruskan ke aki /  accu. Tapi sebelum kita ngomong lebih jauh lagi, gua mau  mengingatkan para bro semua untuk tonton video dibawah ini dan jangan lupa subcribe terlebih dahulu. Ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini supaya bisa berkembang dan menjadi lebih baik lagi.   

Sistem Pengisian Honda CB150R Old dan CBR150R Old


Spul Honda CB150R old dan CBR150R yang terbakar akan mengakibatkan pada supplay arus listrik ke accu / aki bermasalah, maksudnya disini adalah sistem pengisian pada motor tersebut. Perlu diketahui sistem pengisian motor  Honda  CB150R old dan CBR150R Old menganut sistem full DC 3  phase / gelombang, hal ini membuat supplay  arus  listrik  yang stabil masuk kedalam aki / accu. Karena kebutuhan arus listrik pada kedua motor ini sangat besar, contohnya saja Honda CB150R Old memakai lampu  utama jenis H4 55 watt 12 volt lampu ini dipakai pada Toyota Avanza. Jika dibandingkan dengan Yamaha New Vixion Lightening, Honda Verza 150 yang hanya memakai lampu utama  H4 35 watt 12 volt maka Honda CB150R old lebih besar jumlah arus listrik yang harus keluarkan. Lain Halnya dengan Honda CBR150R old yang memakai 2 lampu utama dengan masing – masing lampu 35 watt 12 volt, jadi totalnya 70 watt 12 volt dan ini belum  lampu -  lampu lainnya, klakson, sistem pengapian, sistem injeksi, starter elektrik.


spul honda cb150r



Setelah tahu berapa jumlah arus listrik yang harus dibagi – bagi tersebut maka kita cari tahu komponen sistem pengiasiannya,  komponen sistem pengisian kedua motor tersebut  hampir sama dengan motor – motor pada umunya yaitu, spul pengisian, kiprok, aki tambahannya yaitu rellay pengisian dan capasitor sebagai penyimpan arus listrik sementara jika accu / aki sudah penuh terisi arus listrik. Tapi karena pada artikel ini kita fokus ngomongin  spul motor  Honda CB150R Old dan CB150R Old yang lain kita kesampingkan dulu dan akan kita bahas pada lain waktu.

 

Gulung Spul atau Ganti  Spul Honda CB150R Old dan CBR150R Old yang Terbakar


Pilih gulung spul apa  ganti spul jika spul Honda CB150R dan CBR150R old terbakar ? Nah ini pertanyaan  yang sering kali menghampiri bagi para pemakai Honda CB150R old dan CBR150R old yang spulnya terbakar. Asal  tahu saja  spul yang terbakar akan  membuat aki  / accu cepet ngedrop dan tekor,  jika hanya mengganti aki saja maka usia aki baru tidak  akan  bertahan lama. Paling -  paling hanya bertahan sampai 3 hari – 1 bulan  bisa digunakan untuk  elektrik  starter, setelah itu accu mulai  ngedrop dan lama – kelamaan  motor akan brebet hingga mati total  karena tidak ada sumber arus untuk sistem pengapian.

Sering kali para pemakai Honda CB150R dan CBR150R old jika mengalami aki tekor / ngedrop hanya mengganti akinya saja tanpa melakukan cek arus pengisian ke  accu /  aki, akibatnya jika ada kerusakan  pada kiprok ataupun spul tidak terdeteksi. Dan aki akan sering ganti sampai  5 kali jika  tidak  memperbaiki  spul ataupun kiprok yang rusak, kalau tidak percaya  silahkan coba  sendiri..  he…  he…  Asal  tahu saja  aki  Honda CB150R dan CBR150R dibandrol  dengan  harga Rp 300.000, jika ganti aki sampai 5 kali  maka  totalnya Rp 1.500.000, dan itu duit semua bro…  he... 

Kalau sampai motor Honda CB150R old dan CBR150R old mengalami kendala seperti diatas yaitu aki sering ngedrop, maka kemungkinan masalahnya terletak pada spul yang terbakar atau soketan spul dengan kabel body yang meleleh. Maka solusinya jika hanya soketan spul yang meleleh adalah dengan  mengganti soketannya saja atau langsung menyambung soketan tersebut, tapi jika spulnya terbakar maka solusinya dengan mengganti  baru spul tersebut. Nah bagaimana kalau spul tersebut kita lilit ?? jawabnya tetep bisa tapi asal tahu saja bro, pada spul Honda CB150R old dan CBR150R old semua lilitan tembaganya adalah spul pengisian dan saling menyambung satu sama lainnya.  Berbeda  dengan motor lainnya yang masih DC 1 phase dan 2 phase yang jumlah lilitannya  lebih sedikit jadi bisa dilit secara manual oleh tukang spul dinamo.

Harga Spul CB150R

Harga spul Honda CB150R old sekitar Rp 500.000, dengan kode part 31120-K15-902 sedangkan untuk Spul Honda CBR150R old dibandrol Rp 500.000, dengan kode part 31120-K45-N01. Yang membedakan dari kedua spul ini terletak pada soketan spul, tapi masih bisa saling substitusi satu sama lain.

Jalur Kabel Spul Honda CB150R Old dan CBR150R Old

Karena kedua motor ini mempunyai basic yang hampir sama jadi untuk fungsi dan warna kabel spul kedua motor ini hampir sama. Untuk soketan spul Honda CB150R old dan CBR150R old berbentuk 6  lubang dengan 5 sekun kabel, dimana ada  lubang soketan yang kosong dan tidak terdapat sekun.  Untuk warna kabel spul Honda CB150R old dan CBR150R old mempunyai 3 warna yaitu 3 warna kuning, hijau dan putih / biru. Dimana kabel warna kuning berfungsi sebagai spul pengisian dan langsung menuju ke bagian kiprok, kemudian kabel hijau dan putih / biru berasal dari pulser.

Nah biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini sampai selesai, tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro…



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki salam oprex dan salam satu asphal selalu.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Mas boleh sy minta no hp/wa ny? Sy mau konsultasi soal cb150r old🙏🏻

    BalasHapus
  2. Saya ini ganti soket yang meleleh ke kiprok , klo misal kabel 3 warna kuning kebalik posisinya yang tengah jadi di pinggir atau sebaliknya , apa kah jadi masalah mas ?

    BalasHapus
  3. Misalnya soket yang warna kuning menuju kiprok misalnya kewalik pengaruh endak

    BalasHapus
  4. Misalnya klu soket yang warna kuning menuju kiprok itu kewalik itu pengaruh endak

    BalasHapus
  5. Tanya om, spull CB 150 old/CBR 150 old apakah bisa masuk di Honda SONIC 150 atau Supra GTR 150..? Mohon pencerahannya om 🙏🙏🙏

    BalasHapus