Selamat datang kembali para bro, entah mas bro atau mba
bro, berhubung sekarang musim hujan dan artinya lu bakalan kehujanan he….
Biasanya musim hujan akan di ikuti dengan banjir, mau banjir bandang atau cuman
genangan setinggi 1 meter he…. Bagi para biker yang anti mainstream saat
melewati banjir alias tetep tancap gas mesti hati – hati dan harus tahu
kemungkinan apa yang terjadi dengan motor yang dipaling di sayang.
Beberapa akibat menerobos / menerjang banjir:
- Water Hammer (Mogok Ekstream)
Water hammer kalau diartikan berarti palu air ??
bingungnya kayak apa bentuknya berarti sama dengan gua, water hammer sebenarnya
sebuah istilah dalam dunia otomotif yang berarti keadaan dimana stang seher
(connecting rod) akan membengkok atau patah sehingga mesin mogok, hal ini
diakibatkan oleh ruang bakar yang kemasukan zat cair (air hujan / banjir) atau
cairan lain. Saat terjadi langkah kompresi maka zat cair tersebut akan ikut
memadatkan tekanan kompresi dari tekanan kompresi yang seharusnya.
Bagaimana air bisa masuk ke ruang bakar, nah ini yang
jadi pertanyaan besarnya. Air tersebut masuk melalui filter udara,
kemudian sepeda motor mogok dan kemudian
biker berusaha dengan menghidupkan kembali motor tersebut baik melalui kick
starter atau elektrik starter. Pada saat inilah tanpa disadari tekanan kompresi
yang berlebih karena air tersebut.
Pencegahannya saat motor mogok jangan langsung coba di
hidupkan kembali, tapi buka dulu busi dari lubang busi dan lakukan slah / engkol
dengan keadaan kunci kontak off sehingga
air yang terdapat di ruang bakar akan terbuang keluar.
Ada banyak kejadian dimana water hammer sering kali
terjadi, dari mesin sepeda motor maupun mesin mobil dan hampir semua pabrikan
sepeda motor mengalami kasus seperti ini.
- Motor Mogok Biasa
Emang bedanya sama di atas apa bro?? he …. Maksudnya
yang disini mogok karena air masuk ke lubang knalpot, tapi ini beda tipis bro
sama di atas, saran gua kalau motor mogok karena banjir tetep pakai penangan
diatas jangan dulu dihidupkan tapi buka busi dan buang air yang terdapat
diruang bakar.
Untuk motor mogok biasa disini gua asumsikan kemasukan
air lewat lubang knalpot, nah ini linknya check it dot…
Penyebab Motor Mogok Karena Dicuci
Penyebab Motor Mogok Karena Dicuci
- Short Circuit (konslet)
Konslet atau hubungan arus pendek , hal ini terjadi
karena terdapat air pada bagian soket – soket. Maka dari itu usahakan setelah
menerobos banjir soket – soket dalam keadaan kering, tapi tenang bro karena
setiap motor memakai fuse / sikring. Buka juga ini bro
Setelah menerobos banjir, dan sudah sampai rumah jangan
lupa cek dulu kondisi motor dan beberapa part / komponen berikut .
Part atau Komponen Yang Wajib Dicek Setelah Menerobos Banjir :
Oli Mesin dan Oli Gardan
Oli mesin sangatlah wajib untuk dicek jika ingin mesin
sepeda motor anda awet dan tidak mau kantong bolong, oli mesin atau oli gardan
yang bercampur dengan air akan berwarna putih. Ini bro penampakannya…
Filter Udara
Karena biasanya ketinggian banjir bisa lebih dari 50 cm,
secara otomatis hampir separuh motor akan basah oleh air, untuk cover body,
kabel, sasis / kerangka, roda dsb, air akan menguap atau hilang secara sendiri.
Tapi tidak di bagian filter udara, akibat dari filter udara yang basah tarikan
motor akan terasa berat.
Busi dan Cop Busi
Kalau busi ngga usah diomongin lagi dah, tapi saudara
dekatnya cop busi ini juga sangat vital apalagi untuk motor jenis injeksi. Karena
jika ada kebocoran pengapian sekunder dari cop busi, sepeda motor akan sering
mogok / mati – matian.
Ok bro sekian dulu, jangan asal terjang / terobos banjir
usahakan jangan jadi pendahulu, orang lain jadiin trial he….. safety first, keep riding no arogan, salam
satu aspal…..