Jangan Sampai Water Hammer, Saat Motor Menerobos Banjir

Selamat datang kembali para bro, entah mas bro atau mba bro, berhubung sekarang musim hujan dan artinya lu bakalan kehujanan he…. Biasanya musim hujan akan di ikuti dengan banjir, mau banjir bandang atau cuman genangan setinggi 1 meter  he….  Bagi para biker yang anti mainstream saat melewati banjir alias tetep tancap gas mesti hati – hati dan harus tahu kemungkinan apa yang terjadi dengan motor yang dipaling di sayang.

Beberapa akibat menerobos / menerjang banjir:


  • Water Hammer (Mogok Ekstream)

Water hammer kalau diartikan berarti palu air ?? bingungnya kayak apa bentuknya berarti sama dengan gua, water hammer sebenarnya sebuah istilah dalam dunia otomotif yang berarti keadaan dimana stang seher (connecting rod) akan membengkok atau patah sehingga mesin mogok, hal ini diakibatkan oleh ruang bakar yang kemasukan zat cair (air hujan / banjir) atau cairan lain. Saat terjadi langkah kompresi maka zat cair tersebut akan ikut memadatkan tekanan kompresi dari tekanan kompresi yang seharusnya.

Bagaimana air bisa masuk ke ruang bakar, nah ini yang jadi pertanyaan besarnya. Air tersebut masuk melalui filter udara, kemudian  sepeda motor mogok dan kemudian biker berusaha dengan menghidupkan kembali motor tersebut baik melalui kick starter atau elektrik starter. Pada saat inilah tanpa disadari tekanan kompresi yang berlebih karena air tersebut.

Pencegahannya saat motor mogok jangan langsung coba di hidupkan kembali, tapi buka dulu busi dari lubang busi dan lakukan slah / engkol dengan keadaan kunci kontak off  sehingga air yang terdapat di ruang bakar akan terbuang keluar.

Ada banyak kejadian dimana water hammer sering kali terjadi, dari mesin sepeda motor maupun mesin mobil dan hampir semua pabrikan sepeda motor mengalami kasus seperti ini.


  • Motor Mogok Biasa

Emang bedanya sama di atas apa bro?? he …. Maksudnya yang disini mogok karena air masuk ke lubang knalpot, tapi ini beda tipis bro sama di atas, saran gua kalau motor mogok karena banjir tetep pakai penangan diatas jangan dulu dihidupkan tapi buka busi dan buang air yang terdapat diruang bakar.
Untuk motor mogok biasa disini gua asumsikan kemasukan air lewat lubang knalpot, nah ini linknya check it dot… 

Penyebab Motor Mogok Karena Dicuci


  • Short Circuit (konslet)

Konslet atau hubungan arus pendek , hal ini terjadi karena terdapat air pada bagian soket – soket. Maka dari itu usahakan setelah menerobos banjir soket – soket dalam keadaan kering, tapi tenang bro karena setiap motor memakai fuse / sikring. Buka juga ini bro


Setelah menerobos banjir, dan sudah sampai rumah jangan lupa cek dulu kondisi motor dan beberapa part / komponen  berikut .

Part atau Komponen Yang Wajib Dicek Setelah Menerobos Banjir :


Oli Mesin dan Oli Gardan

Oli mesin sangatlah wajib untuk dicek jika ingin mesin sepeda motor anda awet dan tidak mau kantong bolong, oli mesin atau oli gardan yang bercampur dengan air akan berwarna putih. Ini bro penampakannya…



motor menerobos banjir


Filter Udara

Karena biasanya ketinggian banjir bisa lebih dari 50 cm, secara otomatis hampir separuh motor akan basah oleh air, untuk cover body, kabel, sasis / kerangka, roda dsb, air akan menguap atau hilang secara sendiri. Tapi tidak di bagian filter udara, akibat dari filter udara yang basah tarikan motor akan terasa berat.

Busi dan Cop Busi

Kalau busi ngga usah diomongin lagi dah, tapi saudara dekatnya cop busi ini juga sangat vital apalagi untuk motor jenis injeksi. Karena jika ada kebocoran pengapian sekunder dari cop busi, sepeda motor akan sering mogok / mati – matian.

Ok bro sekian dulu, jangan asal terjang / terobos banjir usahakan jangan jadi pendahulu, orang lain jadiin trial he…..    safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal…..