Ini Loh, 4 Penyakit Motor Verza

Ok… bro selamat datang dulu gua ucapkan, buat para bro sekalian yang lagi puyeng dengan tanda tanya ??? sebab motor verzanya kesayangannya sakit – sakitan, et dah…. Kaya dukun aja gua ngomong. Disini tempatnya mencari reverensi yang tajam setajam silet baru beli he…..

Berhubung kemarin sudah gua kasih bocoran tentang penyakit motor CB150R taun pertama, maka untuk kali ini gua kasih bocoran tentang penyakit yang biasanya terdapat di sepeda motor Honda Verza, ok langsung aja chek it dot.


Penyakit Motor Honda Verza


  • Bearing / Laher Noken As (Cam Shaft ) Rusak


Noken As / Cam Shaft terletak di bagian head silinder berfungsi untuk menggerakan Rocker Arm kemudian di teruskan ke panyung klep / klep /  valve, agar klep membuka dan menutup sesuai timing pengapian. Itu posisi dan fungsi dari noken as, nah ..  yang jadi pertanyaannya bearing noken as terletak ada dimana?? Karena part ini yang kita bahas.  Ya jalas menempel di noken as tersebut, he…    
Bearing ini berfungsi sebagai peredam putaran dan mengurangi gesekan pada noken as / cam shaft, jika part ini rusak / ambrol maka akan terdengar suara noise / berisik / di bagian head silinder, biasanya berbunyi klotok – klotok.  Penyelesainnya dengan mengganti cam shaft tersebut atau cuman mengganti bearing cam shaft / noken as nya, tapi saran gue mending ganti noken as saja karena kalau dihitung – hitung selisihnya sedikit dengan mengganti bearing noken as.
Tapi kalau masih ngotot pinging anti bearing nokn as, cari bearing yang mmpunyai kode C3 jangan asal comot ya bro, ini gua kasih link penjelasannya..

  • Peer / Pegas Perseneling Patah


Akibat dari patahnya peer  / pegas sepeda motor tersebut tidak bisa oper gigi / ganti perseneling, paling mentok cuman gigi satu dan netral, untuk dan seterusnya akan susah dan ribet. Cirinya jika peer perseneling patah,  saat perseneling nambah gigi atau mengurangi perseneling tidak mau membalik.
Untuk penyelesaiannya cuman dengan mengganti peer / pegas perseneling yang patah tersebut, tapi bro nyari barangnya rada ribet karena ini bukan part fast moving. Ini gua kasih gambarna biar mantep…


kerusakan honda verza


  • Fuel Pump / Pompa Bahan Bakar


Sebenarnya ini problem buat seluruh motor injeksi entah dari pabrikan sayap mengepak, garputala, Suzuki dan Kawasaki, cirinya saat kunci kontak di putar On tidak ada suara dengung di bagian tangki bahan bakar. Untuk masalah ini saat tidak ada dengungan dari tangki bahan bakar, fuel pump bukanlah satu – satunya sumber masalah tersebut, karena bisa berasal dari ECU, kabel body, atau part – part yang terkait. Untuk lebih jelasnya gua kasih linknya bro…

  • Bosh Swing Arm Oblak


Sebenarnya untuk problem ini hampir semua motor mengalaminya jika usia sepeda motor tersebut sudah mulai sepuh / tua, jadi ngga usah gua omongin lagi, tapi tetep ini ada linknya yang kebetulan ngebahas bosh swing arm Honda Verza.



Ok bro sekian dulu ya, nanti kalau ada yang lain gua kasih tahu. Jangan lupa safety first, quality must, salam satu aspal….