Solusi Untuk Honda Tiger Yang Sakit - Sakitan

Selamat datang para bro dan sis di blog paling ngga keren ini he...., kalau lu nyasar disini berarti motor yang lu pakai Honda Tiger dan temen temennya he.... memang motor ini walaupun sudah tua dan sudah tidak diproduksi oleh pabrikan tapi banyak para pencintanya. Sempat terdengan gosip akan ada penerusnya tapi sampai sekarang belum nongol he....


tiger modif


Karena umurnya yang tua tersebut  si macan mulai rewel minta jajan banyak, mau dilepas sayang banyak kenangan pahit dan manisnya dengan si macan he... dari ndorong sampai 2 km, ngapel, jatuh terus bangaun sendiri, sorry sedikit curhat he.... Jadi mau ngga mau harus mulai diperhatikan dengan perhatian yang ekstra, ya namanya juga macan tua tapi sudah sangat melegenda bagi para pecinta roda dua, ok bro... dari pada gua kebanyakan ngelindur langsung saja chek it dot.

Penyakit Pada Honda Tiger

Mesin Berisik

- Lifter Tensioner Assy dan Keteng

Lifter tensioner alias penonjok keteng, part ini sering kali mengalami kerusakan / aus hampir disetiap motor. Tapi berhubung yang lagi dibahas motor tiger part ini sama pasangannya yaitu keteng ada diperingkat pertama, kenapa di peringkat pertama?? Soalnya resikonya kalau di biarinkan tanpa adanya perbaikan bro, yaitu klep akan tabrakan dengan piston. Untuk lebih lengkapnya ini gua kasih linknya chek it dot...


Nah ini pasangannya...



- Noken As dan Rocker Arm (pelatuk klep)

Untuk motor keluaran pabrikan terbaru semuanya sudah mengaplikasikan roller rocker arm sehingga memimalisir gesekan antara part terkait, tapi untuk Honda Tiger memakai model Rocker Arm Konvensional (model sepatu) sehingga gesekan Noken as dan rocker arm akan meningkat. Tapi tenang bro, ada part after market yang membuat roller rocker arm untuk Tiger cuman perlu dana lebih untuk bisa memasangnya dimesin si macan, ya sekitar 600 ribuan. Barangnya Kayak apa?? Googling aja ya bro, he.... 

Motor Susah Dihidupkan

Untuk masalah ini, harus balik lagi ke prisip atau syarat motor hidup yaitu kompresi, timing pengapian yang urut dan campuran bahan bakar yang sesuia. Untuk lebih jelasnya ini link nya

Tapi secara garis besar probelmnya ada dua yaitu :

Alternator atau Spull

Yang dimaksud disini adalah spul pengapian dan pulser untuk spul penerangan dan pengisian sorry dulu bro gua kesampingkan, he..... peralatan yang diperlukan yaitu Avo Meter lebih baik lagi memakai merk Sanwa pokoknya akurat itu kalau avonya bener bukan avo rusak he.... untuk motor usahakan suhu dingin yaitu 40 derajat celcius atau posis lama tidak dinyalakan.
Untuk kabel hitam merah untuk spul pengaian harus mempunyai tahanan 231 – 240 ohm, sedangkan tahanan pulser motor tiger dengan warna kabel Biru kuning 339 – 350 ohm. Jika hasil pengukuran melewati dari ketentuan lakukan penggantian spul, agar lebih acurat cek fisik dari spul tersebut, apakah ada lilitan yang terbakar, terkelupas atau malah putus.
Bagaimana kalau dililit ke tukang spul?? Nah ini untuk sementara ya bro bukan sementaun atau selamanya, karena untung – untungan tergantung tukang lilitnya.
 Ini bro artikel terkait....

Karburator dan Manifold

Bagi para pengguna Honda Tiger pasti seringkali mengalami gas yangkut atau rpm tidak mau turun saat dijalan, atau sering mengalami kebanjiran bensin hal ini ditandai dengan kondisi busi yang basah bensin. Alhasil banyak para pengguna macan beralih menggunakan karburator PE 28 atau PWL 26, et ... tapi perlu diingat karburator PE dan PWL untuk motor 2 tak yang secara desain berbeda dengan karburator untuk motor 4 tak.
Apa efeknya ? buat kantong bolong belum jebol he....  penggantian karburator membutuhkan setingan ulang : dari ukuran pilot jet, main jet malah kadang jarum skep. Akhirnya lu akan jadi kolektor main jet dan pilot jet dari segala ukuran he.... karena seting karbu perlu percobaan yang berulang – ulang.
Belum lagi ngepasin dudukan manifold, memang untuk Honda Tiger jika mau memakai karburator PE atau PWL bisa langsung pakai manifold Yamaha Scorpio atau Kawasaki Binter Merzy, tapi tetep ada sedikit perubahan salah satunya kabel gas.
Solusinya gimana bro??? Tetep pakai karburator asli tapi rubah karborator bawaan menjadi sekep langsung ini contoh gambarnya, kendalanya mencari tukang bubut yang sanggup membuatnya.

honda tiger


Tangki Bensin Sering Bocor

Sebenarnya ini problem lama, cuman yang punya saja kurang tanggap saat musim hujan, lho... kok?? Iya bro, usahakan makasimal setahun sekali melakukan kuras tangki agar, motor tidak mbrebet dan tangki bensin tidak karatan sehingga menjadi bolong.

Ini bro link terkait...

faktor-hidupnya-motor

Tapi supaya tangki bensin tidak cepat bolong, bagian dalam tangki bensin bisa diberi EPOXY yang biasanya dijual di toko cat atau toko bangunan. Yang perlu diperhatikan tangki bensin harus dalam keaadaan kosong, kemudian ukuran ¼ liter saja epoxy yang dibeli ngga usah banyak – banyak dan campur dengan thinnner dengan takaran yang pas, dan goyang – goyangkan tangki bensin agar Epoxy tersebut rata didalam tangki bensin selanjutnya biarkan agar kering kurang lebih butuh waktu 2 minggu.

Gear Set Berisik

Sebenarnya hampir semua motor kecuali matik mengalami hal ini, bisa karena tidak pernah dilakukan penyetelan kekencangan rantai atau tidak adanya pelumasan dirantai tersebut. Tapi untuk pengguna tiger jika langkah diatas sudah dilakukan dan masih terjadi maka lakukan penggantian gear set, bisa dengan atermarket atau gearset ori tapi buatan lokal yang sudah memakai sambungan. Karean gearset tiger impor harganya lumayan dan biasanya tidak memakai sambungan.


Ok bro sekian dulu ya, jangan lupa safety first keep riding no arogan salam satu aspal..