Hati - Hati Saat Mereset dan Seting Motor Injeksi


Good morning bro ? how are you to day ? he…. Selamat datang di blog yang ada apanya ini ? bingung, ya udah ngga usah dipikir langsung aja ke bahasan kali ini tentang reset sepeda motor injeksi. Pada setiap sepeda motor injeksi jika mengalami kerusakan pada system injeksi secara otomatis akan tersimpan dalam memori computer kecil yang biasa disebut sebagai ECU atau ECM, dan jika dibiarkan secara terus menerus akan merusak komponen yang berkaitan dengan system injeksi tersebut.


alat untuk mereset injeksi


Untuk mengatasi hal ini biasanya setiap sepeda motor injeksi memberikan kode MIL (malfanction indicator lamp) atau kedipan genit et …. maksudnya kedipan pada spidometer. Kode MIL berfungsi sebagai tanda adanya kegagalan program pada ECU atau ECM, yang bisanya disebabkan oleh kerusakan komponen, sambungan kabel dan sebagainya.

Kenapa Perlu Reset Pada Sepeda Motor Injeksi 

Sebenarnya pertanyaan ini sudah dijawab pada paragraf pertama tapi biar tambah mantep, gua teriakin he…. Jika ECM terlalu banyak menyimpan kode kerusakan / kegagalan program dalam jangku waktu yang lama maka ECM atau ECU akan rusak dan perlu diketahui harga ECM lumayan bikin meringis. Apakah kode kerusakan bisa lebih dari satu ? ya jelas bisa dan ini sering terjadi.

Gejala Sepeda Motor Injeksi Perlu Direset


Sebelum terlambat maka sebagai biker harus peka dengan kondisi kendaraannya dan jangan menunggu parah baru melakukan tindakan, so untuk lebih jelasnya simak langsung dan check it dot :

Adanya kedipan MIL pada indicator spidometer, ini paling gampang ditebak atau dilihat secara visual.

Tarikan motor terasa sangat berat atau mberebet alias ngempos ngga ada tenaganya, padahal tekanan ban sudah pas, filter udara bersih, busi masih bagus.

Putaran stasioner atau langsam yang tidak stabil, biasanya langsam naik turun akibatnya sepeda motor sering mati atau mogok.

Akselerasi atau respon motor lambat saat buka gas.

Cara Reset ECM atau ECU

Sebenarnya setiap pabrikan menyiapkan special tool atau alat khusus untuk mereset kode kerusakan yang tersimpan pada ECU atau ECM yang biasa disebut sebagai scanner, tapi terkadang pabrikan memberikan kemudahan untuk mereset sepeda motor injeksi dengan cara manual. Untuk sepeda motor Yamaha harus memakai special tool tapi untuk sepeda motor honda bisa dilakukan secara manual, caranya ada dibawah ini.

Cara Reset Injeksi Sepeda Motor Honda

Berhubung yang baca sudah pasti tak punya alat scanner, maka kita akan pakai cara manual dengan hasil yang sangat joss. Cara ini bisa dipakai untuk semua sepeda motor injeksi merk Honda dari honda supra x 125 fi, honda supra x 125 helm in, honda beat fi, honda beat esp, honda vario 125, honda vario 110 fi, honda vario 150, honda cb150r, honda cbr150r, honda verza, honda megapro fi, honda spacy, honda scoopy fi, honda scoopy esp, honda pcx 150, honda revo fi, honda blade fi, ok langsung saja check it dot.
Siapkan dulu alatnya yaitu SCS Connector atau bisa memakai kawat, biar lebih jelas lihat pada foto paling atas.

Sebelum melakukan reset pastikan sumber dari kode kerusakan telah diperbaiki, jika belum dilakukan perbaikan maka 100 % reset yang akan dilakukan gagal total dan percuma. Karena saat sepeda motor dihidupkan kode kerusakan tersebut akan muncul kembali karena belum dilakukan perbaikan pada sumber masalah tersebut.  

Setelah sumber masalah diperbaiki cari posisi DLC, untuk tipe esp dari beat dan vario bisanya letaknya dekat dengan batrey atau accu sedangkan sport biasanya terletak dibawah jok dekat sekring fuse.

Setelah ketemu buka tutup DLC dan sambungkan dengan alat yang tadi, ini tampilannya jika menggunakan SCS Connector.

spido meter beat berkedip



Jika memakai kawat, ini tampilannya awas jangan sampai salah sambung. Karena setiap tipe mempunyai warna berbeda jadi ngga gua jadikan patokan, tapi lihat saja posisi cenilannya saat mengahadap atas maka lubang jumper ada diposisi kiri.


reset ecu


Kunci kontak harus posisi off saat menyambung SCS Connector dengan DLC.

Setelah tersambung putar kunci kontak ke posisi ON, kemudian cabut dan colok kembali SCS Connector ke DLC dalam waktu kurang dari 5 detik.

Setelah itu putar kunci kontak ke posisi OFF.

Pemeriksaan

Hasil reset dikatakan berhasil jika posisi lampu MIL di spidometer tetap menyala saat kunci kontak dalam posisi ON dan SCS Connector tetap tersambung ke DLC.

Setelah Melakukan Proses Diatas Maka Lakukan Seting Altitude / seting ketinggian, lho ini buat apa lagi ? agar ECU menyesuaikan dengan kondisi tekanan atmosfer berdasarkan ketinggian tanah dimana sepeda motor berada.

Cara Seting Injeksi atau Altitude

Cara ini bisa dilakukan untuk semua jenis sepeda motor injeksi honda : dari honda supra x 125 fi, honda supra x 125 helm in, honda beat fi, honda beat esp, honda vario 125, honda vario 110 fi, honda vario 150, honda verza, honda megapro fi, honda spacy, honda scoopy fi, honda scoopy esp, honda revo fi, honda blade fi, langsung saja bro sikat :

Pertama pastikan tidak ada kode kerusakan yang tersimpan di ECM atau ECU, jika masalah kode kerusakan masih ada berarti langkah ini bakalan gatot alias gagal total.

Kunci kontak posisi off, kemudian sambungkan DLC dengan SCS Connector
Putar grip gas sampai putaran penuh dan putar kunci kontak ke posisi ON.

Biarkan lampu MIL berkedip kedip dengan cepat, dalam waktu kurang dari 5 detik lepaskan grip gas.

Perhatikan lampu MIL apakah berkedip lebih pelan tidak seperti kedipan cepat tadi, dengan jumlah kedipan pendek sebanyak satu kali. Jika iya berarti langkah ini berhasil.

Untuk pemeriksaan hasil pengecekan hanya bisa dilihat dengan scanner. Untuk lebih jelasnya ini videonya bro, dan jangan lupa subscribe…




Pilihan Mode Berdasarkan Ketinggian Tanah

Mode 1 : 0 – 2.000 meter diatas permukaan laut.
Mode 2 : 2.000 – 2.500 meter diatas permukaan laut.
Mode 3 : 2.500 – 3.500 meter diatas permukaan laut.
Mode 4 : 3.500 sampai lebih tinggi diatas permukaan laut


Ok bro sekian dulu untuk, artikel terkait liat – liat sendiri ya. Berhubung pala udah pening berarti saatnya bobo cantic he…. See you next, safety first and keep riding no arogan, salam satu aspal.

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Bang kalau motor yamaha tidak bisa di riset cara manual ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bang yamaha copot masa aki posisi on hbis itu 1-2 menit pasang lagi

      Hapus
  2. Motor saya yamaha vega force tidak bisa di riset cara manual ya

    BalasHapus
  3. Bang punya saya reset dua kali malah berebet apa yang rusak

    BalasHapus
  4. Setau saya cuma honda yang bisa reset manual.

    BalasHapus
  5. Gan numpang tanya motor ane CBR 250 builup habis di bersihkan injeksinya sekarang rpm nya tinggi 3000 mohon solusi

    BalasHapus
  6. Mas motor saya gagal seting altitude malah menunjukan MIL 12(Injeksi) bagaimana cara memperbaikinya?

    BalasHapus
  7. Motor beat fi esp tidak bisa di reset mode g mn tu gan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan beat ane juga gak bisa di setting mode

      Hapus
  8. Assalamualaikum bang motor Scoopy saya brebet sudah saya riset berhasil bang normal lagi..tapi setelah 2 hari kembali brebet saya riset normal lagi itu apa ya bang penyebabnya?

    BalasHapus
  9. Kalo salah masukin kabel jumper apa yg terjadi bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda settingan jadinya atau disebut motor meledak

      😂🙏

      Hapus
  10. Jos bg, ane coba sendiri dmotor vario jadi enteng, enak buat grip gas betat betot ambyar hahaha.......

    BalasHapus
  11. Mau tanya bg speda mtor vario 125 cc dgn lmpu led...lampu mil y nyala trus...udah d reset tapi pas mtor baru di hidupkan jalan bbrapa mnit muncul lagi lampu y..dan nyala trus..kndala y ap bg...???

    BalasHapus
  12. Abis setting brhasil mash ad kedipan trus the tiba2 mtr mati mndadak Saat jln santai, mhon penjelasan ya Gan

    BalasHapus
  13. apa ada pengaruh keborosan pada saat penyetingan mode?

    BalasHapus