Kenali Penyebab Kerusakan Pada Rocker Arm & Noken AS

Selamat datang para bro semua, long time no see, maklumlah lagi banyak acara mondar – mandir tapi tetep gua sempet – sempetin buat lu pade he…. Ngarep dot com pokeke, kali ini yang akan diomongin tetang rocker arm artinya bukan lengan karang ya bro he…. Rocker arm alias pelatuk klep atau sepatu klep yaitu suatu tuas pembuka klep alias katup atau valve yang digerakan oleh noken as (cam shaft). Jadi intinya klep membuka atau menutup tergantung dari dorongan rocker arm / pelatuk klep yang digerakan oleh noken as (cam shaft).

Pada sebuah mesin sepeda motor mempunyai beberapa perbedaan jumlah rocker arm, hal ini tergantung dari kontruksi mesin terebut. Tapi pada umumnya untuk sepeda motor tipe mesin SOHC (Single Over Head Camshaft) akan mempunyai 1 noken as 2 klep dan 2 rocker arm. Kecuali generasi mesin Yamaha terbaru yang memakai VVA (Variabel Valve Actuation) contoh Yamaha Vixion, Yamaha Nmax, Yamaha MX King 150, memakai 1 noken as dan 4 klep dengan 2 rocker arm.
Rocker arm bisa diatur celah penekanannya ke batang klep / valve dengan melakukan stel klep yang biasa dilakukan saat melakukan servis rutin pada sepeda motor. Untuk lebih jelasnya ini link terkait,





Sementara untuk mesin sepeda motor bertipe DOHC kebanyakan tidak memakai rocker arm, sebagai penggantinya memakai shim. Shim disini bukan surat ijin mengemudi bro, tapi berupa lempengan besi sebagai pengganjal antara noken as dengan klep. Sehingga untuk sepeda motor tipe DOHC tidak perlu melakukan penyetelan klep, tapi tetap melakukan pengecekan setiap 12.000 km untuk memastikan perlu atau tidak melakukan penggantian shim tersebut. Contoh sepeda motor Honda CB150R, Suzuki Satria 150 F, Honda CBR150R dsb. Untuk lebih jelasnya gua bagi link terkait.


Tapi ada model tertentu yang memakai shim juga memakai rocker arm, contoh Honda New CBR150R, Honda Sonic 150, Honda Supra 150 GTR, biar lebih mantep ini hasil jepretannya….

klep honda cb150r


Dimanakah Letak Rocker Arm

Buat para bro, yang belum tahu letak rocker arm / pelatuk klep berada di head silinder, untuk lebih jelasnya ini gambarnya.


Berdasarkan Kontruksinya Rocker arm atau Pelatuk Klep dibagi Menjadi :

Rocker Arm Biasa (konvensional)

Model rocker arm atau pelatuk klep ini bisanya terdapat pada sepeda motor keluaran lama atau jaman old, dengan kontruksi yang masih serba simpel. Kekurangan dari model ini, suara mesin agak kasar karena terlalu besarnya gesekan antara pelatuk klep dengan noken as.

noken as supra x

Roller Rocker Arm  

Pelatuk klep ini terdapat pada sepeda motor model terbaru sehingga suara mesin menjadi adem, dan tenaga yang hilang karena gesekan noken as akan berkurang. Disamping itu pemakaian roller rocker arm akan mempengaruhi daya mesin yang meningkat dan pemakaian bahan bakar menjadi irit.

Penyebab Rocker Arm dan Noken As Rusak :

Penggantian Oli Mesin
Pengantian oli mesin yang tidak dilakukan secara teratur, tidak sesuai takaran / ukuran sehingga kinerja pelumas menjadi kurang maksimal.

Pompa Oli dan Paking / Gasket
Sebenarnya komponen ini masih terkait dengan oli mesin, yaitu pompa oli yang bekerja untuk memompa / menyalurkan minyak pelumas keseluruh mesin mulai rusak /aus sehingga biasanya komponen di bagian head silinder tidak ikut terkena oli mesin. Pemakaian paking / gasket after market dengan kualitas yang tidak presisi malah menambah masalah baru yaitu tersumbatnya jalur oli mesin. Sehingga dijamin komponen dibagian head silinder akan rusak karena tidak adanya sirkulasi dari oli mesin.

Pemakaian Bearing Noken As
Bearing / laher memang sekilas semuanya sama antara bearing noken as, kruk as, transmisi dan bearing roda. Tetapi et ….. jangan asal comot karena bearing yang ada didalam mesin mempunyai kode C3 (clearance / untuk titik memuai), agar lebih jelas ini linknya bro, check it dot…


Solusi Buat Rocker Arm Konvesional
Nah ini dia, gua kasih solusinya yaitu pakai produk buatan BRT, tersedia untuk Honda Tiger, Honda Megapro Primus / GL Neotech dan Yamaha Scorpio harga RP 650 ribu, Yamaha Jupiter Z dan Yamaha Mio Smille harga RP 550 dan Kawasaki KLX RP 700 ribu.
Pemesanan bisa langsung hubungi kontak admin, harga belum termasuk ongkir ya bro…  kalau respon agak lelet harap tenang et… harap maklum, posisi admin ngga bisa online terus he….

noken as scorpio



Nah dari
Sebagai penutup seperti biasanya gua kasih video dan jangan lupa subscribe ya..





Berhubung gua sudah ngantuk buat kali ini stop dulu, don’t forget safety first and keep riding no arogan salam satu aspal….  

Posting Komentar

0 Komentar