Sejeworks – long time no see bro, how are you today ? he…
belagak bule, buat kali ini yang mau diomongin masalah roller yang sering rusak.
Padahal belum lama ganti sekitar 2 bulan, et … dah malah rusak lagi what wrong
baby ? tell me please …. Sory ya bro buat pembukaannya yang kacau sekacau hati
gua he….
Langsung aja bro ke pokok bahasan apasih tanda –
tandadan penyebab kerusakan pada roller, vbelt dan rumah roller. Sehingga tidak
merembet ke kmponen yang lain maka wajib diketahui ya bro.
Ciri – Ciri Rumah Roller Rusak
Sebenarnya untuk mengetahui apakah roller rusak / aus
cukup gampang yaitu dengan membongkar pulley depan sepeda motor matik, tapi
bagi para bro semua yang ngga mempunyai alat untuk membongkarnya. Bisa
mengandalkan indra ke 6 alias tebak – tebak berhadiah he…. He… ok langsung saja
check it dot…
Saat sepeda motor matik dibawa jalan akan terasa ndut –
ndut atau tersendat sehingga tenaga akan berkurang apalagi jika menerjang
tanjakan yang dibutuhkan tenaga lebih untuk melibasnya. Untuk kondisi roller
yang paling ringan biasanya hanya peang sedikit, tapi kalau sudah berubah
bentuk tidak bulat lagi berarti rusak parah.
Suara ini bisanya ditimbulkan jika kondisi roller sudah
rusak sangat parah, sehingga bagian depan CVT akan berbunyi krek – krek saat
posisi sepeda motor jalan.
Penyebab Roller Rusak
Usia Pakai
Umar komponen tersebut alias usia pakai menjadi penyebab
utamanya, pabrikan menganjurkan untuk melakukan penggantian roller pada km
20.000 – 24.000 atau 2 tahun dibarengi dengan V-belt dan komponen lainnnya yang
ada didalam CVT. Tapi biasanya roller mulai penyang saat motor menginjak km
12.000 atau 1 tahun, sehingga akan mulai mempengaruhi performa motor tersebut.
Rumah Roller dan Bosh Roller
Kedua komponen ini biasanya sering kali diabaikan
seperti halnya Pice Slide dan Greas, padahal kalau rumah roller dan bosh roller
rusak dijamin umur roller tidak akan lama. Walaupun baru melakukan penggantian
roller, paling lama 30 hari roller akan kembali rusak jika kedua komponen
tersebut rusak dan tidak diganti.
Ini gambarnya…
Berat Roller Motor Matik
Berat Roller Motor Yamaha
Jenis Motor Berat
Roller
Yamaha Nouvo 11
gram
Yamaha Soul GT 9,5
gram
Yamaha Mio GT 9,5
gram
Yamah Mio J 9,5
gram
Yamaha Xeon 10
gram
Yamaha Xeon RC 9,5
gram
Yamaha Mio Soul 10,5
gram
Yamaha Mio Fino 10,5
gram
Yamaha Mio Sporty 11
gram
Yamaha Mio Smille 10,5
gram
Berat Roller Suzuki
Jenis Motor Berat
Roller
Hayate 15
gram
Nex 10
gram
Spin 12
gram
Skywave 15
gram
Berat Roller Honda
Jenis Motor Berat
Roller
Honda Beat Karbu 12
gram
Honda Scoopy Karbu 12
gram
Honda Vario 110 karbu 13
gram
Honda Beat Fi 13
gram
Honda Scoopy Fi 13
gram
Honda Vario 110 Fi 13
gram
Honda Beat Esp 15
gram
Honda Scoopy Esp 15
gram
Honda Vario Esp 110 15
gram
Honda Vario 125 15
gram
Honda Vario 150 18
gram
Artikel terkait :
Artikel terkait :
Jangan Sampai Knavas Kopling Matik Pecah, Ya Bro
Penyebab Motor Matik Ngorok atau Berisik
Tips Agar Fuel Pump atau Pompa Bahan Bakar Awet
Ciri – Ciri Rumah Roller Rusak
Bosh Roller Oblag
Kenapa bosh roller karena kedua komponen ini saling
terkait dan terjadi kontak langsung sehingga jika salah satu ada yang rusak
maka komponen yang satunya akan ikut rusak. Baru kemudian menjalar ke roller,
pice slide dan sil cvt depan nah ini berarti rusak semua bagian pulley depan
he…
Apakah masih ada kelanjutan lagi ?, ya ada setelah
pulley depan rusak maka akan merembet ke V-belt kemudian menuju greas cvt yang
bocor dan dibiarkan lama akan merusak pulley belakang sepenuhnya hingga
akhirnya tong pes (kantong kempes) untuk menyelesaikan semua masalah tersebut
he….
Cara mengeceknya dengan menggoyangkan rumah roller
walaupun keadaanya masih menempel dibagian cvt depan dan masih terkunci oleh
mur cvt depan. Jika sudah terlepas dari pulley depan maka goyangkan bosh roller
di dalam rumah roller, jika ada gap yang besar maka dipastikan kedua kompone
tersebut harus diganti bersamaan. Bagaimana jika yang diganti hanya salh satu
saja ? bosh roller atau rumah roller, maka hasilnya komponen yang tidak diganti
tersebut akan menyebabkan komponen yang baru diganti menjadi rusak kembali.
Adanya Warna Karat dan Bekas Serpihan
Warna karat dan bekas serpihan / gram dari bosh roller
dan rumah roller akan menempel pada v-belt dan kedua komponen tersebut, hal ini
bisa dilihat setelah membuka blok cvt.
Suara Kasar / Berisik Pada CVT
Sebenarnya hampir sama adanya tanda – tanda kerusakan
antara roller dan rumah roller, yaitu timbulnya suara berisik / noise dari
bagian depan CVT. Karena roller, rumah roller dan bosh roller adalah komponen
yang saling terkait, jika salah satu rusak maka akan merembet ke komponen lain.
Solusi Dari Rumah Roller, Bosh Roller dan Roller Yang Rusak
Lakukan Pembersihan Rutin Bagian CVT
Sebaiknya setiap km 8.000 lakukan pembersihan rutin
bagian CVT, selain sebagai perawatan pembersihan juga pengecekan pada komponen
/ part yang ada didalam cvt. Karena bagian cvt harus dalam keadaan bersih dari
debu, greas ataupun oli mesin dan oli gardan
Ganti Roller
Lakukan pengantian roller jika sepeda motor mencapai km
24.000 dengan roller original anjuran pabrikan, jika memakai roller after
market / racing dengan gram yang ringan sebaiknya lekukan selang – seling
dengan roller original. Kenapa selang – seling dengan roller original ? karena
biasanya roller after market mempunyai beratyang lebih ringan dari roller
original agar tarik atas dan bawah terisi tidak kehabisan nafas.
Dalam melakukan penggantian roller after market
sebaiknya memilih roller yang presisi atau bisa langsung pasang tanpa merubah
(mengamplas / kikir) bagian roller. Sebab roler yang tidak presisi akan
menimbulkan kerusakn pada rumah roller, karena gerakan roller yang tidak
terpusat atau keluar dari jalur rumah roller.
Ganti Rumah Roller dan Bosh Roller
Untuk penggantian kedua komponen tersebut usahakan pakai
original jika untuk keperluan harian, tapi untuk kompetisi alias balap nggih
monggo kerso (ya silahkan saja). Point pentingnya saat mengganti bosh roller
ukur panjangnya, jangan sampai terlalu panjang atau malah kurang panjang
sehingga dijanjal dengan ring untuk mensiasatinya. Jika masih pakai cara ganjal
mengganjal itu sah – sah saja toh motor lo bukan gua he…. It’s wrong way bro
jangan dicoba.
Ok bro sekian dulu ya, next time gua tambah videonya. Jangan
lupa safety first dan keep riding no arogan, salam satu aspal…
Makasih om bagus buat laporan gue
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusContoh roller original atau kawe dimana letaknya
BalasHapusMotor saya scopy carbu..saya dalam 6 bulan sudah ganti roler sama rumahnya sampai 2x akibatnya apa ya.. Trmksh
BalasHapusMantab.motor beat saya udah 2 tahun di km30000. Juga rolernya udah mulai peyang tp.lumayan juga harganya satu kesatuan sama penbel yg smpe rp 200 ribuan
BalasHapusKalau bosh kependekan/kepanjangan apa akibatnya? Nuwun manawi kersa njawab🙏🤭
BalasHapusPuly sering cepat benjol di bagian as nya, baru 3 bulan ganti sdh benjol lagi mohon solusinya bos
BalasHapusMotor saya baru 3 bulan bagian slide.y udah mnta gnti... Apa y penyebab.y... dan tutup.y pun macet...
BalasHapus