Harus Tahu Penyebab dan Akibat Kerusakan Roller, Rumah Roller


Sejeworks – long time no see bro, how are you today ? he… belagak bule, buat kali ini yang mau diomongin masalah roller yang sering rusak. Padahal belum lama ganti sekitar 2 bulan, et … dah malah rusak lagi what wrong baby ? tell me please …. Sory ya bro buat pembukaannya yang kacau sekacau hati gua he….

Langsung aja bro ke pokok bahasan apasih tanda – tandadan penyebab kerusakan pada roller, vbelt dan rumah roller. Sehingga tidak merembet ke kmponen yang lain maka wajib diketahui ya bro.

Ciri – Ciri Rumah Roller Rusak

Sebenarnya untuk mengetahui apakah roller rusak / aus cukup gampang yaitu dengan membongkar pulley depan sepeda motor matik, tapi bagi para bro semua yang ngga mempunyai alat untuk membongkarnya. Bisa mengandalkan indra ke 6 alias tebak – tebak berhadiah he…. He… ok langsung saja check it dot…

Tenaga Motor Berkurang
Saat sepeda motor matik dibawa jalan akan terasa ndut – ndut atau tersendat sehingga tenaga akan berkurang apalagi jika menerjang tanjakan yang dibutuhkan tenaga lebih untuk melibasnya. Untuk kondisi roller yang paling ringan biasanya hanya peang sedikit, tapi kalau sudah berubah bentuk tidak bulat lagi berarti rusak parah.

Adanya Suara Di Bagian Depan CVT
Suara ini bisanya ditimbulkan jika kondisi roller sudah rusak sangat parah, sehingga bagian depan CVT akan berbunyi krek – krek saat posisi sepeda motor jalan.

Penyebab Roller Rusak


Usia Pakai
Umar komponen tersebut alias usia pakai menjadi penyebab utamanya, pabrikan menganjurkan untuk melakukan penggantian roller pada km 20.000 – 24.000 atau 2 tahun dibarengi dengan V-belt dan komponen lainnnya yang ada didalam CVT. Tapi biasanya roller mulai penyang saat motor menginjak km 12.000 atau 1 tahun, sehingga akan mulai mempengaruhi performa motor tersebut.

Rumah Roller dan Bosh Roller
Kedua komponen ini biasanya sering kali diabaikan seperti halnya Pice Slide dan Greas, padahal kalau rumah roller dan bosh roller rusak dijamin umur roller tidak akan lama. Walaupun baru melakukan penggantian roller, paling lama 30 hari roller akan kembali rusak jika kedua komponen tersebut rusak dan tidak diganti.
Ini gambarnya…




roller yamaha


Berat Roller Motor Matik 


Berat Roller Motor Yamaha

Jenis Motor                      Berat Roller
Yamaha Nouvo                 11 gram
Yamaha Soul GT               9,5 gram
Yamaha Mio GT                9,5 gram
Yamah Mio J                     9,5 gram
Yamaha Xeon                   10 gram
Yamaha Xeon RC              9,5 gram
Yamaha Mio Soul              10,5 gram
Yamaha Mio Fino              10,5 gram
Yamaha Mio Sporty           11 gram
Yamaha Mio Smille            10,5 gram


Berat Roller Suzuki

Jenis Motor                      Berat Roller
Hayate                             15 gram
Nex                                 10 gram
Spin                                12 gram
Skywave                          15 gram


Berat Roller Honda

Jenis Motor                      Berat Roller
Honda Beat Karbu             12 gram
Honda Scoopy Karbu         12 gram
Honda Vario 110 karbu      13 gram
Honda Beat Fi                   13 gram
Honda Scoopy Fi               13 gram
Honda Vario 110 Fi           13 gram
Honda Beat Esp                15 gram
Honda Scoopy Esp            15 gram
Honda Vario Esp 110        15 gram
Honda Vario 125              15 gram
Honda Vario 150              18 gram



Artikel terkait :

Ciri – Ciri Rumah Roller Rusak


Bosh Roller Oblag
Kenapa bosh roller karena kedua komponen ini saling terkait dan terjadi kontak langsung sehingga jika salah satu ada yang rusak maka komponen yang satunya akan ikut rusak. Baru kemudian menjalar ke roller, pice slide dan sil cvt depan nah ini berarti rusak semua bagian pulley depan he…

Apakah masih ada kelanjutan lagi ?, ya ada setelah pulley depan rusak maka akan merembet ke V-belt kemudian menuju greas cvt yang bocor dan dibiarkan lama akan merusak pulley belakang sepenuhnya hingga akhirnya tong pes (kantong kempes) untuk menyelesaikan semua masalah tersebut he….

Cara mengeceknya dengan menggoyangkan rumah roller walaupun keadaanya masih menempel dibagian cvt depan dan masih terkunci oleh mur cvt depan. Jika sudah terlepas dari pulley depan maka goyangkan bosh roller di dalam rumah roller, jika ada gap yang besar maka dipastikan kedua kompone tersebut harus diganti bersamaan. Bagaimana jika yang diganti hanya salh satu saja ? bosh roller atau rumah roller, maka hasilnya komponen yang tidak diganti tersebut akan menyebabkan komponen yang baru diganti menjadi rusak kembali.

Adanya Warna Karat dan Bekas Serpihan
Warna karat dan bekas serpihan / gram dari bosh roller dan rumah roller akan menempel pada v-belt dan kedua komponen tersebut, hal ini bisa dilihat setelah membuka blok cvt.

Suara Kasar / Berisik Pada CVT
Sebenarnya hampir sama adanya tanda – tanda kerusakan antara roller dan rumah roller, yaitu timbulnya suara berisik / noise dari bagian depan CVT. Karena roller, rumah roller dan bosh roller adalah komponen yang saling terkait, jika salah satu rusak maka akan merembet ke komponen lain.

Solusi Dari Rumah Roller, Bosh Roller dan Roller Yang Rusak


Lakukan Pembersihan Rutin Bagian CVT
Sebaiknya setiap km 8.000 lakukan pembersihan rutin bagian CVT, selain sebagai perawatan pembersihan juga pengecekan pada komponen / part yang ada didalam cvt. Karena bagian cvt harus dalam keadaan bersih dari debu, greas ataupun oli mesin dan oli gardan

Ganti Roller
Lakukan pengantian roller jika sepeda motor mencapai km 24.000 dengan roller original anjuran pabrikan, jika memakai roller after market / racing dengan gram yang ringan sebaiknya lekukan selang – seling dengan roller original. Kenapa selang – seling dengan roller original ? karena biasanya roller after market mempunyai beratyang lebih ringan dari roller original agar tarik atas dan bawah terisi tidak kehabisan nafas.
Dalam melakukan penggantian roller after market sebaiknya memilih roller yang presisi atau bisa langsung pasang tanpa merubah (mengamplas / kikir) bagian roller. Sebab roler yang tidak presisi akan menimbulkan kerusakn pada rumah roller, karena gerakan roller yang tidak terpusat atau keluar dari jalur rumah roller.

Ganti Rumah Roller dan Bosh Roller
Untuk penggantian kedua komponen tersebut usahakan pakai original jika untuk keperluan harian, tapi untuk kompetisi alias balap nggih monggo kerso (ya silahkan saja). Point pentingnya saat mengganti bosh roller ukur panjangnya, jangan sampai terlalu panjang atau malah kurang panjang sehingga dijanjal dengan ring untuk mensiasatinya. Jika masih pakai cara ganjal mengganjal itu sah – sah saja toh motor lo bukan gua he…. It’s wrong way bro jangan dicoba.  

Ok bro sekian dulu ya, next time gua tambah videonya. Jangan lupa safety first dan keep riding no arogan, salam satu aspal…

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Makasih om bagus buat laporan gue

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Contoh roller original atau kawe dimana letaknya

    BalasHapus
  4. Motor saya scopy carbu..saya dalam 6 bulan sudah ganti roler sama rumahnya sampai 2x akibatnya apa ya.. Trmksh

    BalasHapus
  5. Mantab.motor beat saya udah 2 tahun di km30000. Juga rolernya udah mulai peyang tp.lumayan juga harganya satu kesatuan sama penbel yg smpe rp 200 ribuan

    BalasHapus
  6. Kalau bosh kependekan/kepanjangan apa akibatnya? Nuwun manawi kersa njawab🙏🤭

    BalasHapus
  7. Puly sering cepat benjol di bagian as nya, baru 3 bulan ganti sdh benjol lagi mohon solusinya bos

    BalasHapus
  8. Motor saya baru 3 bulan bagian slide.y udah mnta gnti... Apa y penyebab.y... dan tutup.y pun macet...

    BalasHapus