Sejeworks.id – Kiprok atau Rectifier Regulator Assy
adalah komponen elektronik pada sepeda motor yang memiliki dua fungsi yaitu,
sebagai pengisian / rectifier untuk mengecas aki. Dan penstabil tegangan /
regulator pada arus listrik lampu depan sepeda motor, kenapa perlu menstabilkan
arus lampu depan ? karena sepeda motor dengan penerangan AC mengandalkan sumber
arus penerangan yang berasal dari spul magnet dengan tegangan listrik sekitar
30 volt sementara lampu depan memerlukan tegangan 13 volt.
Nah bro pada artikel ini akan dijelaskan akibat kiprok
motor lemah, cara mendeteksi kerusakan pada kiprok tanpa menemakai avometer,
penyebab kiprok motor jebol, kiprok motor cepet panas, kode kiprok motor, untuk
lebih jelasnya check it dot...
Akibat Kiprok Motor Lemah / Rusak
Kiprok motor yang lemah atau rusak akan mengakibatkan
berbagai macam kerusakan pada sistem kelistrikan sepeda motor. Mulai dari aki
ngedrop, penyebabnya bisa berasal dari sistem pengisian yang overcharge atau
pengisian yang kurang sehingga aki akan ngedrop dan saat tegangan aki berada
dibawah 5 volt sepead motor akan mogok.
Lampu depan akan redup atau putus saat gas pada rpm
tinggi, hal ini disebakan karena fungsi regulator sebagai penstabil penerangan
mengalami masalah. Hal yang paling sering terjadi adalah lampu depan yang
mledak, sekring putus dan semua lempu sen, senja, indikator juga ikut terbakar.
Penyebab Kiprok Motor Jebol
Kiprok jebol disebabkan karena usia pakai komponen
tersebut, biasanya kiprok akan bertahan sampai 5 tahunnan.
Jalur kiprok yang salah, kenapa bisa salah ? sebab
pemilihan jenis kiprok yang berbeda sehingga mengotak – atik jalur kiprok
tersebut.
Adanya konsleting dijalur kiprok sehingga menjadi panas
berlebih.
Kiprok Motor Cepet Panas
Saat sepeda motor posisi dihidupkan posisi kiprok akan
panas dengan temperatur sekitar 45 derajat celcius, tapi jika mempunyai suhu
panas diatas 100 derajat celcius. Akan menyebabkan sekring / fuse terbakar dan
jika dibiarkan maka kable body akan terbakar, hal ini disebabkan karena adanya
konsleting dijalur kiprok.
Cara Cek Kiprok Motor
Sistem Penerangan
Untuk mengecek sistem penerangan / regulator berfungsi
baik apa tidak caranya dengan, posisikan kiprok terpasang pada motor kemudian
lepas aki dan nyalakan lampu depan. Kemudian gas sampai RPM tinggi dan lihat
nyala lampu, jika lampu depan putus, maka kiprok tersebut jebol / rusak.
Sistem Pengisian
Cara pengecekan pada sistem pengisian akan lebih akurat
jika menggunakan avometer atau sepeda motor memakai indikator tegangan aki,
karena tanpa kedua alat ini hasil pengukuran tidak akan maksimal. Berikut urutan
langkah – langkahnya:
Ukur tegangan aki memakai avometer (seting volt dc) sebelum
sepeda motor dihidupkan, atau jika memakai indikator tegangan aki bisa melihat
tegangan aki saat posisi kunci kontak ON. Catatan tegangan aki normal sekitar
12,50 volt dan dibawah 11,00 volt aki dikatakan ngedrop.
Hidupkan sepeda motor dan putar grip gas sampai RPM
8.000.
Kemudian lihat hasil pengukuran pada voltmeter.
Jjika tegangan yang diukur lebih kecil dari tegangan
awal, maka kiprok bisa diktan rusak atau ada kerusakan pada spul pengisian.
Jika tegangan yang diukur lebih dari 16 volt (over
charge), maka kiprok tersebut bukan original atau barang kw. Keadaan overcharge
yang dibiarkan secara terus menerus akan dapat merusak Aki dan CDI atau ECM
pada sepeda motor injeksi.
Kode Kiprok Motor
Honda
31600KGH731 Tiger,
Megapro Primus
31600KPH701 Supra
X 125 karbu, Karisma, Kirana
31600KRS971 Supra
100, Grand, Legenda, Revo 100, Prima, Win 100
31600KVT01 Beat
Karbu, Vario Karbu, Revo 110, Blade 100
Yamaha
5TL – H1960-00 Mio
Karbu, Xeon Karbu, Fino Karbu, X-Ride Karbu, Jupiter Z 110
Masalah yang Sering Terjadi Pada Kiprok
Selain pemakain kiprok yang imitasi / kw alias bukan
original, jalur kabel kiprok yang salah karena diotak – atik dan spul pengisian
yang bermasalah, terdapat pula soket kiprok yang menjadi penentu pada saat
intsalasi kiprok yaitu.
Soket Kiprok Terbakar
Soket kiprok yang terbakar terjadi karena adanya arus
yang berlebih yang diakibatkan bisa karena konsleting dan salah pasang jalur
soket kiprok. Hal ini terjadi karena asal comot kiprok tanpa mengetahui kode
part dan jalur arus soket kiprok. Maka dari itu bro, hati – hati saat memasang
kiprok, jika suhu kiprok sampai 100 derajat itu sudah tanda tanya besar.
Untuk lebih jelasnya ini linknya bro...
Soket Kiprok Longgar
Soket kiprok longgar atau berkarat akan menimbulkan
masalah pada sistem pengisian dan penerangan, sehingga kondisi aki akan cepat
ngedrop. Sebaiknya saat pemasangan kiprok perhatikan apakah ada jamur pada skun
tembaga atau perbaiki kondisi soket yang longgar.
Ok bro, sekian dulu kalu kurang jelas bisa nanya di
channel YouTube tapi jangan lupa subscribe dulu he.... so keep safety first and
keep riding no arogan salam satu aspal...
Saya mau bertanyaa...
BalasHapusKalo kiprok motor dinginn motor di gas normal. kalo kiprok panas di gas bretbetan apa itu penyebab nya???
Iya .begini mas untuk masalah itu masih indikasi ya karena kurang spesifik jadi jawabnya juga nggak bisa spesifik .masalah brebet karena kiprok panas karena masih ada hubsing pada kiprok jalur kiprok ,mungkin kiprok sudah berumur atau juga bisa jalur pengisiannya
HapusNumpang tanya
BalasHapusMalam mas...mau tanya motorku soulgt 115 sudah pake kiprok Tiger untuk ubah listrik jadi fullwave,lampu terang,pengisian ke aki bagus, tapi kalo kabel minus aku di lepas,motor gak mau nyala ...kira nya bisa di kasih pencerahan mas.. trimakasih sebelum nya
HapusMasak mau tau kiprok mati harus jebol kn lampu depan dulu
BalasHapusGanti kiprok ganti lampu juga dong bakl nya ..nanti ...
Cek kiprok, coba aja dgn memegang kiprok dri mulai mesin di hidupkan... kalo tetap dingin atau terlalu panas, bisa di pastikan kiprok bermasalah..
BalasHapusKalu kiprok terlalu panas gimana mas, pengisian juga ngak ada?
HapusKalo mesim udh panas kiprok masih dingin padahal udh diganti itu kenapa ya?
HapusBang kalau gas mrebet terus mati mendadak itu kiprok nya ya
BalasHapusBang mau tanya dong saya punya motor cbr 150r thailand na kiprok motor sya itu panas nya berlebih namun pengisian normal bahkan spul dan kiprok nya baru itu bagaimana ya bang solusinya
BalasHapusshogun 125 bisa gak pke kiprok grand?
BalasHapusBisa gaes
HapusSaya mau nanya bang, kalau motor tiger kita pasang sekring kiprok dan aki lansung naik panas, kira2 apa gejalahnya bang
BalasHapusSpre gan ..
BalasHapusCara cek kiprok saat dilepas dr motor bisakah ?
Tlg gan cara'a.
gini gan...lagi otak atik x ride 115 ..aki gk ngedrop ,tapi dah ganti kiprok baru sekitar 3kali tapi hasilnya sama aja ,lampu mil menyala dan apabila mesin menyala trus aki di lepas itu mesin ikutan mati,,, kasih solusi gan
BalasHapusijeksi gitu gan new vixion aki abis aja gak bisa idup mesinya punyamu malah gak pake aki
HapusMotor ga bisa stater.. Klakson bisa... Apa kiprok rusak ga ya... Terus kalo posisi motor nyala harus nya ke aki ngisi brapa amper ya bro.. Terima kasih
BalasHapusMau tanya mas tegangan out kiprok yang ke aki berapa volt kl di ukur tanpa aki,,trimakasih mohon jawabannya
BalasHapusBang pengisian lemah,,, kiprok di ganti pake yg ori tapi masih tidak ngisi,,, apa dari sepul
BalasHapusKenapa scorpio pke kiprok jupiter voltase accu naiknya lama?
BalasHapusMasalah pada supra x 100 pada saat di gas rpm tinggi lampu semakin terang apakah itu kiproknya positif jebol mas ?
BalasHapuskiprok klx150 diganti kiprok shogun sp125fd bisa gan ?
BalasHapus