Kiprok Motor Rusak, Ini Cara Ngeceknya


Sejeworks.id – Kiprok atau Rectifier Regulator Assy adalah komponen elektronik pada sepeda motor yang memiliki dua fungsi yaitu, sebagai pengisian / rectifier untuk mengecas aki. Dan penstabil tegangan / regulator pada arus listrik lampu depan sepeda motor, kenapa perlu menstabilkan arus lampu depan ? karena sepeda motor dengan penerangan AC mengandalkan sumber arus penerangan yang berasal dari spul magnet dengan tegangan listrik sekitar 30 volt sementara lampu depan memerlukan tegangan 13 volt.

Nah bro pada artikel ini akan dijelaskan akibat kiprok motor lemah, cara mendeteksi kerusakan pada kiprok tanpa menemakai avometer, penyebab kiprok motor jebol, kiprok motor cepet panas, kode kiprok motor, untuk lebih jelasnya check it dot...

Akibat Kiprok Motor Lemah / Rusak

Kiprok motor yang lemah atau rusak akan mengakibatkan berbagai macam kerusakan pada sistem kelistrikan sepeda motor. Mulai dari aki ngedrop, penyebabnya bisa berasal dari sistem pengisian yang overcharge atau pengisian yang kurang sehingga aki akan ngedrop dan saat tegangan aki berada dibawah 5 volt sepead motor akan mogok.


kiprok yamaha



Lampu depan akan redup atau putus saat gas pada rpm tinggi, hal ini disebakan karena fungsi regulator sebagai penstabil penerangan mengalami masalah. Hal yang paling sering terjadi adalah lampu depan yang mledak, sekring putus dan semua lempu sen, senja, indikator juga ikut terbakar.
    

Penyebab Kiprok Motor Jebol

Kiprok jebol disebabkan karena usia pakai komponen tersebut, biasanya kiprok akan bertahan sampai 5 tahunnan.

Jalur kiprok yang salah, kenapa bisa salah ? sebab pemilihan jenis kiprok yang berbeda sehingga mengotak – atik jalur kiprok tersebut.

Adanya konsleting dijalur kiprok sehingga menjadi panas berlebih.

Kiprok Motor Cepet Panas

Saat sepeda motor posisi dihidupkan posisi kiprok akan panas dengan temperatur sekitar 45 derajat celcius, tapi jika mempunyai suhu panas diatas 100 derajat celcius. Akan menyebabkan sekring / fuse terbakar dan jika dibiarkan maka kable body akan terbakar, hal ini disebabkan karena adanya konsleting dijalur kiprok.

Cara Cek Kiprok Motor

Sistem Penerangan

Untuk mengecek sistem penerangan / regulator berfungsi baik apa tidak caranya dengan, posisikan kiprok terpasang pada motor kemudian lepas aki dan nyalakan lampu depan. Kemudian gas sampai RPM tinggi dan lihat nyala lampu, jika lampu depan putus, maka kiprok tersebut jebol / rusak.

Sistem Pengisian

Cara pengecekan pada sistem pengisian akan lebih akurat jika menggunakan avometer atau sepeda motor memakai indikator tegangan aki, karena tanpa kedua alat ini hasil pengukuran tidak akan maksimal. Berikut urutan langkah – langkahnya:

Ukur tegangan aki memakai avometer (seting volt dc) sebelum sepeda motor dihidupkan, atau jika memakai indikator tegangan aki bisa melihat tegangan aki saat posisi kunci kontak ON. Catatan tegangan aki normal sekitar 12,50 volt dan dibawah 11,00 volt aki dikatakan ngedrop.

Hidupkan sepeda motor dan putar grip gas sampai RPM 8.000.

Kemudian lihat hasil pengukuran pada voltmeter.
Jjika tegangan yang diukur lebih kecil dari tegangan awal, maka kiprok bisa diktan rusak atau ada kerusakan pada spul pengisian.

Jika tegangan yang diukur lebih dari 16 volt (over charge), maka kiprok tersebut bukan original atau barang kw. Keadaan overcharge yang dibiarkan secara terus menerus akan dapat merusak Aki dan CDI atau ECM pada sepeda motor injeksi.

Kode Kiprok Motor

Honda
31600KGH731        Tiger, Megapro Primus
31600KPH701         Supra X 125 karbu, Karisma, Kirana
31600KRS971         Supra 100, Grand, Legenda, Revo 100, Prima, Win 100
31600KVT01           Beat Karbu, Vario Karbu, Revo 110, Blade 100

Yamaha
5TL – H1960-00      Mio Karbu, Xeon Karbu, Fino Karbu, X-Ride Karbu, Jupiter Z 110

Masalah yang Sering Terjadi Pada Kiprok

Selain pemakain kiprok yang imitasi / kw alias bukan original, jalur kabel kiprok yang salah karena diotak – atik dan spul pengisian yang bermasalah, terdapat pula soket kiprok yang menjadi penentu pada saat intsalasi kiprok yaitu.
Soket Kiprok Terbakar
Soket kiprok yang terbakar terjadi karena adanya arus yang berlebih yang diakibatkan bisa karena konsleting dan salah pasang jalur soket kiprok. Hal ini terjadi karena asal comot kiprok tanpa mengetahui kode part dan jalur arus soket kiprok. Maka dari itu bro, hati – hati saat memasang kiprok, jika suhu kiprok sampai 100 derajat itu sudah tanda tanya besar.
Untuk lebih jelasnya ini linknya bro...



Soket Kiprok Longgar
Soket kiprok longgar atau berkarat akan menimbulkan masalah pada sistem pengisian dan penerangan, sehingga kondisi aki akan cepat ngedrop. Sebaiknya saat pemasangan kiprok perhatikan apakah ada jamur pada skun tembaga atau perbaiki kondisi soket yang longgar.




Ok bro, sekian dulu kalu kurang jelas bisa nanya di channel YouTube tapi jangan lupa subscribe dulu he.... so keep safety first and keep riding no arogan salam satu aspal...

Posting Komentar

21 Komentar

  1. Saya mau bertanyaa...
    Kalo kiprok motor dinginn motor di gas normal. kalo kiprok panas di gas bretbetan apa itu penyebab nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya .begini mas untuk masalah itu masih indikasi ya karena kurang spesifik jadi jawabnya juga nggak bisa spesifik .masalah brebet karena kiprok panas karena masih ada hubsing pada kiprok jalur kiprok ,mungkin kiprok sudah berumur atau juga bisa jalur pengisiannya

      Hapus
  2. Balasan
    1. Malam mas...mau tanya motorku soulgt 115 sudah pake kiprok Tiger untuk ubah listrik jadi fullwave,lampu terang,pengisian ke aki bagus, tapi kalo kabel minus aku di lepas,motor gak mau nyala ...kira nya bisa di kasih pencerahan mas.. trimakasih sebelum nya

      Hapus
  3. Masak mau tau kiprok mati harus jebol kn lampu depan dulu
    Ganti kiprok ganti lampu juga dong bakl nya ..nanti ...

    BalasHapus
  4. Cek kiprok, coba aja dgn memegang kiprok dri mulai mesin di hidupkan... kalo tetap dingin atau terlalu panas, bisa di pastikan kiprok bermasalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalu kiprok terlalu panas gimana mas, pengisian juga ngak ada?

      Hapus
    2. Kalo mesim udh panas kiprok masih dingin padahal udh diganti itu kenapa ya?

      Hapus
  5. Bang kalau gas mrebet terus mati mendadak itu kiprok nya ya

    BalasHapus
  6. Bang mau tanya dong saya punya motor cbr 150r thailand na kiprok motor sya itu panas nya berlebih namun pengisian normal bahkan spul dan kiprok nya baru itu bagaimana ya bang solusinya

    BalasHapus
  7. shogun 125 bisa gak pke kiprok grand?

    BalasHapus
  8. Saya mau nanya bang, kalau motor tiger kita pasang sekring kiprok dan aki lansung naik panas, kira2 apa gejalahnya bang

    BalasHapus
  9. Spre gan ..
    Cara cek kiprok saat dilepas dr motor bisakah ?
    Tlg gan cara'a.

    BalasHapus
  10. gini gan...lagi otak atik x ride 115 ..aki gk ngedrop ,tapi dah ganti kiprok baru sekitar 3kali tapi hasilnya sama aja ,lampu mil menyala dan apabila mesin menyala trus aki di lepas itu mesin ikutan mati,,, kasih solusi gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ijeksi gitu gan new vixion aki abis aja gak bisa idup mesinya punyamu malah gak pake aki

      Hapus
  11. Motor ga bisa stater.. Klakson bisa... Apa kiprok rusak ga ya... Terus kalo posisi motor nyala harus nya ke aki ngisi brapa amper ya bro.. Terima kasih

    BalasHapus
  12. Mau tanya mas tegangan out kiprok yang ke aki berapa volt kl di ukur tanpa aki,,trimakasih mohon jawabannya

    BalasHapus
  13. Bang pengisian lemah,,, kiprok di ganti pake yg ori tapi masih tidak ngisi,,, apa dari sepul

    BalasHapus
  14. Kenapa scorpio pke kiprok jupiter voltase accu naiknya lama?

    BalasHapus
  15. Masalah pada supra x 100 pada saat di gas rpm tinggi lampu semakin terang apakah itu kiproknya positif jebol mas ?

    BalasHapus