Sejeworks – Akhirnya setelah sekian lama bisa nongol
kembali diranah per motoran di dunia roda dua he... he... Kali ini yang mau
diomongin tentang komponen – komponen mesin sepeda motor 4 tak, mulai dari
mesin bagian atas, kanan, kiri dan tengah. Sebenarnya masalah mesin sudah
sering kali kita omongin tapi kali lebih kepada mesin sepeda motor 4 tak tipe
bebek dan sport. Sementara tipe matic next time ya bro.... yang sabar ya he...
he..
Mesin Sepeda Motor
Pada prinsipnya mesin sepeda motor menggunakan mesin
Otto atau mesin bensin alias motor bakar, kenapa disebut mesin Otto ? karena
penemunya adalah Nikolaus August Otto. Mesin bakar adalah jenis mesin yang
menimbulkan gerak mekanis dengan membakar bahan bakar, motor bakar sebenarnya
bisa dibagi menjadi dua golongan yaitu motor pembakaran dalam (internal
combustion engine) dan pembakaran luar (external combusian engine).
Motor pembakaran dalam yaitu mesin yang gerakannya
dihasilkan dari pembakaran yang terjadi didaalam disilinder, yang termasuk
kelompok ini mesin Otto, mesin diesel, mesin wangkel / rotari dan gas turbin.
Sedangkan motor pembakaran luar yaitu mesin yang pembkarannya terjadi diluar.
Energi yang dihasilkan dari pembakaran berupa gas yang kemudian dipindahkan ke
mesin melalui beberapa dinding pemisah. Contohnya adalah mesin uap.
Nah... karena blog yang paling keren menurut emak gua
ini membahas motor jadi balik lagi ke rulenya yaitu sepeda motor, motor bensin
ditinjau dari susunan silindernya dibedakan menjadi 6 jenis bro.. yaitu mesin
sebaris, masin V, mesin radial, mesin horizontal dan mesin berhadap - hadapan.
Sedangkan ditinjau dari cara kerjanya motor bakar dibedakan menjadi 2 yaitu
motor 4 langkah dan motor 2 langkah.
Untuk lebih jelas ini linknya bro...
Komponen Mesin Motor 4 Tak dan Fungsinya
Pada sepeda motor hampir semua komponen mulai dari
transmisi, kopling, berada dalam satu mesin. Tidak seperti mobil atau kendaraan
roda 4 yang semua semua komponennya terletak terpisah bukan dalam satu wadah.
Tapi pada sepeda motor antara mesin (crank shaft, piston dan headsilinder),
kopling dan transmisi / pemisah tenaga berada dalam satu wadah sehingga lebih
simpel dan tidak membutuhkan banyak ruang.
Tapi memang pada model tertentu ada mesin sepeda motor
yang setiap komponennya tidak berada dalam satu wadah atau bisa dikatakan
terpisah tapi ini sangat jarang sekali. Karena pada umumnya mesin sepeda motor
hampir mempunyai kontruksi mesin yang sama, yaitu mesin sebelah kanan berisi
kopling, sebelah kiri berisi magnet, mesin tengah berisi crank shaft dan gear
rasio, sementara mesin bagian atas berisi sistem klep dan noken as untuk motor
4 langkah.
Bagian – Bagian Mesin Sepeda Motor
Pada motor bebek dan sport mempunyai beberapa persamaan
kontruksi mesin, hanya yang menjadi perbedaan adalah sistem kopling, jika
kopling motor bebek dilengkapi dengan 2 kopling yaitu kopling ganda dan kopling
plat gesek. Tapi pada motor sport hanya dilengkapi dengan kopling plat gesek,
dan untuk motor dengan pendingin radiator akan ditambah dengan pompa radiator
yang posisi kadang berada bagian head silinder atau di blok kopling. Untuk
lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro...
Komponen Mesin Sepeda Motor Bagian Tengah
Pada mesin sepeda motor bagian tengah biasanya akan
terdiri dari crank shaft atau kruk as, gear transmisi, balancer (untuk model
tertentu), dan kick starter. Kruk as alias stang seher dan bandulnya berfungsi
untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh piston karena mengkompresi bahan
bakar. Balancer sebagai penyeimbang putaran dari kruk as, tapi balancer hanya
terdapat pada sepeda motor jenis premium / mahal sehingga jarang sekali
ditemukan pada motor jenis bebek. Contoh sepeda motor yang memakai balancer
Honda CBR250, Yamaha R25, Honda CBR150R, Suzuki Satria FU dan masih banyak
lagi.
Sementara gear transmisi berisi gear gigi, shift drum
dan shift fork yang berfungsi sebagai perubah tenaga dan percepatan dari
kopling sesuai kebutuhan perbandingan gear, transmisi pada sepeda motor
biasanya mencapai gigi 4, 5 dan 6. Transmisi berisi roda – roda gigi dengan
perbandingan tertentu yang membedakan pada putaran poros engkol dengan
kecepetan putar batang penggerak.
Ini bro artikel terkait..
Komponen Mesin Sepeda Motor Bagian Kanan
Pada bagian blok mesin sebelah kanan sepeda motor bebek
dan sport berisi sistem kopling, pompa oli, filter oli dan as perseneling yang
menggerakan shift drum. Terkadang pada blok sebelah kanan terdapat pompa air radiator
yang dihubungkan ke pompa oli.
Komponen Mesin Sepeda Motor Bagian Kiri
Sedangkan pada mesin sebelah kiri terdapat keteng
(rantai mesin), magnet dan lilitan spul, memang pada model tertentu ada sepeda
motor yang tidak memakai keteng sebagai penghubung antara kruk as dan noken as
untuk menggerakan klep. Biasanya mesin dengan posisi sudut ruang bakarnya 90
derajat / horizontal memakai push rod sebagai pengganti keteng.
Komponen Mesin Sepeda Motor Bagian Atas
Untuk komponen mesin sepeda motor bagian atas terdiri
dari klep, noken as, pegas klep, piston dan lifter tensioner. Nah untuk masalah
pada part – part tersebut cari sendiri saja ya bro...
Sangat bermanfaat ilmunya suhu trimakasih🙏
BalasHapus