Bagian Mesin Motor dari Fungsi dan Letaknya

Sejeworks – Akhirnya setelah sekian lama bisa nongol kembali diranah per motoran di dunia roda dua he... he... Kali ini yang mau diomongin tentang komponen – komponen mesin sepeda motor 4 tak, mulai dari mesin bagian atas, kanan, kiri dan tengah. Sebenarnya masalah mesin sudah sering kali kita omongin tapi kali lebih kepada mesin sepeda motor 4 tak tipe bebek dan sport. Sementara tipe matic next time ya bro.... yang sabar ya he... he.. 


komponen motor


Mesin Sepeda Motor

Pada prinsipnya mesin sepeda motor menggunakan mesin Otto atau mesin bensin alias motor bakar, kenapa disebut mesin Otto ? karena penemunya adalah Nikolaus August Otto. Mesin bakar adalah jenis mesin yang menimbulkan gerak mekanis dengan membakar bahan bakar, motor bakar sebenarnya bisa dibagi menjadi dua golongan yaitu motor pembakaran dalam (internal combustion engine) dan pembakaran luar (external combusian engine).

Motor pembakaran dalam yaitu mesin yang gerakannya dihasilkan dari pembakaran yang terjadi didaalam disilinder, yang termasuk kelompok ini mesin Otto, mesin diesel, mesin wangkel / rotari dan gas turbin. Sedangkan motor pembakaran luar yaitu mesin yang pembkarannya terjadi diluar. Energi yang dihasilkan dari pembakaran berupa gas yang kemudian dipindahkan ke mesin melalui beberapa dinding pemisah. Contohnya adalah mesin uap.

mesin motor


Nah... karena blog yang paling keren menurut emak gua ini membahas motor jadi balik lagi ke rulenya yaitu sepeda motor, motor bensin ditinjau dari susunan silindernya dibedakan menjadi 6 jenis bro.. yaitu mesin sebaris, masin V, mesin radial, mesin horizontal dan mesin berhadap - hadapan. Sedangkan ditinjau dari cara kerjanya motor bakar dibedakan menjadi 2 yaitu motor 4 langkah dan motor 2 langkah.

Untuk lebih jelas ini linknya bro... 





Komponen Mesin Motor 4 Tak dan Fungsinya

Pada sepeda motor hampir semua komponen mulai dari transmisi, kopling, berada dalam satu mesin. Tidak seperti mobil atau kendaraan roda 4 yang semua semua komponennya terletak terpisah bukan dalam satu wadah. Tapi pada sepeda motor antara mesin (crank shaft, piston dan headsilinder), kopling dan transmisi / pemisah tenaga berada dalam satu wadah sehingga lebih simpel dan tidak membutuhkan banyak ruang.



bagian mesin



Tapi memang pada model tertentu ada mesin sepeda motor yang setiap komponennya tidak berada dalam satu wadah atau bisa dikatakan terpisah tapi ini sangat jarang sekali. Karena pada umumnya mesin sepeda motor hampir mempunyai kontruksi mesin yang sama, yaitu mesin sebelah kanan berisi kopling, sebelah kiri berisi magnet, mesin tengah berisi crank shaft dan gear rasio, sementara mesin bagian atas berisi sistem klep dan noken as untuk motor 4 langkah.    

Bagian – Bagian Mesin Sepeda Motor

Pada motor bebek dan sport mempunyai beberapa persamaan kontruksi mesin, hanya yang menjadi perbedaan adalah sistem kopling, jika kopling motor bebek dilengkapi dengan 2 kopling yaitu kopling ganda dan kopling plat gesek. Tapi pada motor sport hanya dilengkapi dengan kopling plat gesek, dan untuk motor dengan pendingin radiator akan ditambah dengan pompa radiator yang posisi kadang berada bagian head silinder atau di blok kopling. Untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro...

Komponen Mesin Sepeda Motor Bagian Tengah

Pada mesin sepeda motor bagian tengah biasanya akan terdiri dari crank shaft atau kruk as, gear transmisi, balancer (untuk model tertentu), dan kick starter. Kruk as alias stang seher dan bandulnya berfungsi untuk menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh piston karena mengkompresi bahan bakar. Balancer sebagai penyeimbang putaran dari kruk as, tapi balancer hanya terdapat pada sepeda motor jenis premium / mahal sehingga jarang sekali ditemukan pada motor jenis bebek. Contoh sepeda motor yang memakai balancer Honda CBR250, Yamaha R25, Honda CBR150R, Suzuki Satria FU dan masih banyak lagi.

Sementara gear transmisi berisi gear gigi, shift drum dan shift fork yang berfungsi sebagai perubah tenaga dan percepatan dari kopling sesuai kebutuhan perbandingan gear, transmisi pada sepeda motor biasanya mencapai gigi 4, 5 dan 6. Transmisi berisi roda – roda gigi dengan perbandingan tertentu yang membedakan pada putaran poros engkol dengan kecepetan putar batang penggerak.

Ini bro artikel terkait..

Komponen Mesin Sepeda Motor Bagian Kanan

Pada bagian blok mesin sebelah kanan sepeda motor bebek dan sport berisi sistem kopling, pompa oli, filter oli dan as perseneling yang menggerakan shift drum. Terkadang pada blok sebelah kanan terdapat pompa air radiator yang dihubungkan ke pompa oli.  

Komponen Mesin Sepeda Motor Bagian Kiri

Sedangkan pada mesin sebelah kiri terdapat keteng (rantai mesin), magnet dan lilitan spul, memang pada model tertentu ada sepeda motor yang tidak memakai keteng sebagai penghubung antara kruk as dan noken as untuk menggerakan klep. Biasanya mesin dengan posisi sudut ruang bakarnya 90 derajat / horizontal memakai push rod sebagai pengganti keteng.

Komponen Mesin Sepeda Motor Bagian Atas

Untuk komponen mesin sepeda motor bagian atas terdiri dari klep, noken as, pegas klep, piston dan lifter tensioner. Nah untuk masalah pada part – part tersebut cari sendiri saja ya bro...

Akhir kata dari gua sekian dulu dan jangan lupa safety firts, keep riding no arogan salam satu aspal... wor... wor..

Posting Komentar

1 Komentar